Menko PMK: Banyak Pemudik yang Bandel dan Kembali ke Daerah Asal Membawa Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan lonjakan kasus Covid 19 diakibatkan karena mudik lebaran. Para pemudik yang kembali ke daerahnya, kata Muhadjir, telah menyebabkan penularan Covid 19. "Sebagian akibat arus balik mudik karena banyak sekali pemudik yang bandel dan kembali ke daerah asal membawa Covid 19 kemudian menciptakan klaster keluarga," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (17/6/2021).

Muhadjir mengakui telah terjadi lonjakan kasus di beberapa daerah, terutama empat provinsi di Pulau Jawa. Selain akibat mudik, Muhadjir mengatakan ziarah juga menjadi penyebab penyebaran Covid 19. Sejumlah wilayah yang alami lonjakan angka Covid 19, kata Muhadjir, disebabkan karena klaster ziarah.

"Ada juga klaster acara keluarga termasuk pesta pengantin dan klaster ziarah. Ini wilayah wilayah yang sekarang menjadi pusat penyebaran Covid 19 akibat klaster ziarah," ungkap Muhadjir. Seperti diketahui, kasus Covid 19 dalam beberapa hari terakhir mengalami lonjakan di berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.