Kenali Gangguan Keterlambatan Pada Anak Yuk Biar Bisa Mengatasinya

Proses pertumbuhan dan perkembangan anak sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal dan faktor eksternal. Proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak yang tidak berjalan dengan normal akan menimbulkan penyimpangan, gangguan dan keterlambatan perkembangan anak. Berikut ada beberapa gangguan keterlambatan pada perkembangan anak yang sering ditemukan dalam proses tumbuh kembang anak anda. Dengan mengetahui keterlambatan ini maka anda dapat mencegahnya sedini mungkin agar tidak terjadi pada anak anda.

Cerebral palsy

Penyakit ini adalah suatu kelainan dari postur dan gerakan yang tidak progresif. Gangguan ini disebabkan oleh kerusakan sel motorik pada saraf pusat ketika proses perkembangannya. Dikarenakan sel motoric ini anak anda akan mengalami kesulitan dalam kondisi alat gerak seperti sulit berjalan dan sulit menelan karena menurunnya koordinasi otot.

Gangguan bicara dan berbahasa

Kemampuan anak dalam berbahasa menjadi indikator dari perkembangan anak. Hal ini dikarenakan kemampuan Bahasa sering berpengaruh pada kerusakan sistem lainnya seperti system kognitif, motoric dan psikologis. Gangguan bicara yang tidak ditangani segera akan menyebabkan gangguan lainnya yang menetap.

Autism dan down syndrome

Gangguan keterlambatan perkembangan anak ini disebabkan karena adanya gangguan otak yang menyebabkan anak sulit berkomunikasi dan berinteraksi. Tingkat terparah pada gangguan autism ini sangat bervariasi. Penderita epilepsi ini sering dibarengi dengan epilepsi, depresi dan rasa cemas yang berlebih. Sedangkan down syndrome lebih disebabkan oleh jumlah kromosom yang berlebih. Anak dengan kelainan down syndrome mempunyai karakteristik berupa menurunnya kekuatan otot, muka datar dan telinga yang bentuknya tidak teratur.

Stunting pada anak

Stunting merupakan kondisi gangguan tumbuh pada tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya. Akan tetapi terkait stunting ini dapat dicegah dengan pemberian nutrisi yang baik selama kehamilan dan masa golden age anak lho bun.

Nah, itu dia beberapa gangguan keterlambatan perkembangan anak yang dapat anda ketahui. Ketika anda mengetahui berbagai keterlambatan yang terjadi pada anak tersebut tentunya anda harus mempersiapkan sedini mungkin agar tidak terjadi keterlambatan pada anak.

Description: keterlambatan perkembangan anak dapat dicegah dengan memberikan gizi dan nutrisi yang baik sedari anda hamil lho bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.