Cara Merawat Rem Truk yang Perlu Anda Ketahui

Pada jenis kendaraan apa pun, rem memiliki fungsi cukup vital bagi kendaraan karena berkaitan langsung dengan keselamatan berkendara. Pasalnya, komponen satu ini bertugas untuk memperlambat laju atau gerakan roda kendaraan. Itulah kenapa Anda selaku pemilik truk harus bisa menjaga kelayakan rem truk agar kendaraan niaga hasil kalkukasi dari simulasi kredit truk Canter senantiasa dalam kondisi prima. Yuk, simak cara merawat rem truk dalam artikel ini!

  1. Mengganti suku cadang rem secara teratur

Cara merawat rem truk yang pertama ialah rutin mengganti suku cadang rem. Menurut laman Carolina Cat, waktu paling tepat untuk melakukan ini adalah saat indikator sepatu rem truk Anda memberi tanda bahwa bantalan atau kampas rem perlu diganti.

Alih-alih hanya mengganti kampas rem, ada baiknya Anda sekalian mengganti busi, pegas, dan tromol untuk mencegah keausan dan keretakan yang berlebihan di waktu yang akan datang.

  1. Mengecek pengukur tekanan kompresi udara

Idealnya, pengukur tekanan kompresi udara pada truk berukuran sedang harus berada di atas angka 60 psi sebelum truk dikendarai serta antara 100–125 psi saat truk sedang dikendarai.

Kalau alat tersebut menunjukkan angka yang lebih rendah, tandanya Anda harus mengganti rem truk atau malah berhenti menggunakan truk (bila angkanya di bawah 60 psi).

  1. Mengecek kondisi selang dan pelapis rem

Cara merawat rem truk berikutnya ialah mengecek kondisi selang dan pelapis rem. Anda dapat melakukan tahap ini ketika sedang menginspeksi mandiri atau membawa truk ke bengkel saat perawatan.

Normalnya, minimal ketebalan semua selang dan pelapis rem adalah ¼ inci. Selain itu, kedua komponen ini juga harus bebas dari pelumasan, keausan, dan retakan yang berlebihan.

  1. Rutin mengganti pelumas rem

Pelumas rem adalah salah satu pelengkap penting yang berguna untuk menjaga performa rem. Untuk itu, jumlah dan kualitas pelumas rem truk Anda harus senantiasa cukup dan baik. Selain itu, usahakan juga pelumas rem terbebas dari udara yang dapat mengurangi efektivitas rem truk.

Adapun anjuran untuk mengganti pelumas rem adalah setiap 20.000 km atau paling lama dua bulan. Namun bila kondisi pelumas rem sudah berwarna pekat sebelum waktunya, alangkah baiknya Anda menggantinya secepat mungkin.

Nah, setelah Anda mengetahui cara merawat rem truk, selanjutnya Anda bisa menerapkannya untuk kendaraan niaga Anda. Semoga informasi dalam artikel ini berguna untuk Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.