Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus serta Cara Back up Pesan WhatsApp di Google Drive

Berikut ini cara mengembalikan percakapan atau chat WhatsApp yang terhapus. Sebelumnya, mengabarkan layanan aplikasi WhatsApp mengalami down pada Senin (4/10/2021) malam. Selain WhatsApp, aplikasi lain yang mengalami down adalah Instagram dan Facebook.

Ketiga layanan tersebut berada di bawah naungan perusahaan yang sama, yaitu Facebook, milik Mark Zuckerberg. Seluruh pengguna aplikasi WhatsApp mengalami kendala layanan yang tidak dapat mengirim pesan baik teks maupun media lain seperti foto, video, maupun dokumen. Kemudian, layanan kembali normal pada Selasa (5/10/2021) pagi.

Kini, ketiga aplikasi tersebut sudah bisa digunakan lagi. Perlu diketahui, aplikasi layanan perpesanan WhatsApp telah digunakan oleh berbagai pengguna di seluruh dunia. WhatsApp memiliki fitur yang mudah digunakan untuk berkomunikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki folder penyimpanan pesan yang dapat disimpan kapanpun sesuai tanggal yang diinginkan. Tujuan dari penyimpanan memori pesan ini adalah agar para pengguna dapat mengembalikan seluruh percakapan yang ada di WhatsApp dalam kurun waktu tertentu. Sehingga, para pengguna tidak perlu khawatir jika pesan tersebut hilang meskipun sudah terhapus dari beranda percakapan aplikasi WhatsApp.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus berikut ini. Pengguna dapat memulihkan pesan seluruh percakapan WhatsApp dari memori yang dicadangkan di Google Drive. Agar berhasil memulihkan cadangan Google Drive, pengguna harus menggunakan nomor telepon dan akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk membuat pencadangan.

Pastikan nomor telepon WhatsApp mu adalah nomor telepon yang masih hidup atau masih dapat menerima SMS. Menurut ini cara untuk memulihkan cadangan pesan WhatsApp: 1. Hapus aplikasi WhatsApp;

2. Kemudian, instal ulang aplikasi WhatsApp; 3. Buka WhatsApp dan verifikasi nomor teleponmu; 4. Lalu, klik atau untuk memulihkan obrolan dan media (foto, video, dokumen) dari Google Drive.

5. Setelah proses pemulihan selesai, klik . 6. Obrolan pesan WhatsApp akan ditampilkan setelah inisialisasi selesai. WhatsApp akan mulai memulihkan file mediamu setelah seluruh obrolan dalam perpesanan WhatsApp selesai dipulihkan.

Namun, jika kamu menginstal WhatsApp tanpa melakukan cadangan atau back up data sebelumnya dari Google Drive, WhatsApp akan secara otomatis memulihkan dari file cadangan lokalmu. Jika kamu ingin menggunakan cadangan lokal, kamu harus mentransfer file ke ponsel menggunakan komputer, penjelajah file, atau Kartu SD. Perlu diingat, ponselmu akan menyimpan file cadangan lokal hingga tujuh hari terakhir.

Cadangan lokal akan dibuat secara otomatis setiap hari pada pukul 2:00 pagi dan disimpan sebagai file di ponselmu. Jika datamu tidak disimpan di folder/sdcard/WhatsApp, kamu mungkin akan melihat folder atau . 1. Unduh aplikasi pengelola file atau file manager, jika belum memiliki;

2. Pada aplikasi pengelola file, navigasikan memori ke sdcard/WhatsApp/Databases; 3. Kemudian, ganti nama file cadangan yang ingin kamu pulihkan dari menjadi Ada kemungkinan cadangan sebelumnya berada di protokol yang lama, seperti atau .

Jangan ubah nomor ekstensi crypt. 4. Hapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp; 5. Klik atau saat diminta.

1. Pastikan akun Google di perangkatmu aktif; 2. Pastikan kamu memiliki layanan Google Play yang terpasang di perangkatmu; 3. Cek ruang kosong atau memori di perangkatmu cukup untuk membuat cadangan;

4. Sediakan koneksi internet yang kuat dan stabil; 5. Kemudian, siapkan cadangan Google Drive; 6. Buka WhatsApp;

7. Klik > > > > 8. Pilih frekuensi pencadangan selain Never; 9. Pilih akun Google yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan cadangan riwayat obrolan;

10. Jika kamu tidak memiliki akun Google yang terhubung, klik lalu masukkan kredensial login mu; 11. Klik untuk memilih jaringan yang ingin kamu gunakan untuk pencadangan, yaitu jaringan Wi Fi atau jaringan seluler; 12. Tunggu proses pencadangan memori selesai dan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.